Pages

Selasa, April 07, 2009

RISE INdonesia

bismillah...

satu lagi ni....."gerakan pemuda" untuk perbaikan bangsa...
(harusnya udah lama gw posting....)

waktu bulan Juli 2008, Awalnya bernama ISMI (Ikatan Sarjana Mardhika Indonesia) ; kemudian diganti menjadi RISE Indonesia (Reunion of Indonesian Scholars for Excellent Indonesia)

emang sih tergolong organisasi baru...
tappi sebelum menyimpulkan sesuatu mari kita "tengok"  isinya Rise Indononesia...

Sabtu, 31 januari 2009 ditetapkan beberapa brand RISE, yaitu :

1. RISE adalah WADAH SARJANA INDONESIA ; 
maksudnya wadah sarjana Indonesia, baik lulusan kampus dalam negeri ataupun luar negeri.
Alumni kampus yang masuk kampus sejak 2001; dan lulus sarjana sejak 2005 hingga sekarang... batas angkatan sekedar untuk menandai satu generasi baru. (substansinya fleksibel angkatan berapa aja)

2. REUNI NASIONAL akan menjadi brand program dari RISE. 
Sebagai contoh, hampir setiap tahunnya negara Perancis mengadakan Temu Pemuda Internasional secara resmi (Rencontres Internationales de Jeunes) guna membahas arah dan kontribusi pergerakan mahasiswanya yang tengah berada di seluruh penjuru belahan dunia. Bagi mahasiswa Indonesia di luar negeri, di Sydney 2007 sudah ada wadah bagi aktivis PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) se-Dunia, yaitu Overseas Indonesian Student Association Alliance (OISAA).

Maka "RISE" diperuntukkan untuk segmentasi calon sarjana, sarjana dan alumni, baik dalam dan luar negeri sebagai instrumen kebersamaan pemuda. Mudah-mudahan itu dapat terlaksana dengan partisipasi semua pihak untuk terlibat dalam membangun kebersamaan ini. Sehingga hadir kembali arah dan komitmen nyata kolektiva pemuda Indonesia. 

3. SITUS MEMBERSHIP SARJANA akan menjadi Visualisasi wadah RISE di dunia maya.
 Fungsi wadah reuni ini adalah memberikan wadah berkumpul untuk bersama memikirkan nasib bangsa, sebagaimana ide WNI para sarjana Indonesia di malaysia dengan membuat www.ibcn.web. id indonesian brain circulation network... Situs tersebut membuka partisipasi bagi sarjana Indonesia di malaysia untuk menjadi member dan memberikan pemikirannya untuk di share kepada pembaca atau dijadikan bahan diskusi.. RISE juga direncanakan akan membuat situs sebagai wadah membership yang akan digunakan untuk meng-update perkembangan positif dan potensi anggota, serta ekspresi pemikiran anggota tentang bangsa dan negara.

4. JURNAL BILINGUAL CNP (COMPREHENSIVE NATIONAL POWER) akan diterbitkan setiap triwulan.
 jurnal tersebut akan menjadi produk literasi dan intelektual dari para sarjana yang akan memikirkan tema-tema yang akan menopang ide-ide dan pemikiran tentang bangsa dan negara yang kuat. Sebagaimana Cina, mereka adalah negara yang memulai rumusan yang terkuantifikasi tentang Comprehensive National Power, maka RI akan mencoba melalui Jurnal membahas CNP dalam konteks Indonesia. Sehingga berkaca pada kebangkitan Cina, kitapun dapat belajar dari spirit positif nya.

5. BIMBEL GRATIS untuk ANAK akan menjadi aktivitas pemberdayaan masyarakat khas RISE 
Pola pengembangan institusi RISE ada tiga tahap: 1. Cabang di lima region Indonesia. 2. Cabang di setiap propinsi. 3. setiap cabang memiliki peran struktural penuh terintegrasi. Maka pengembangan cabang haruslah diikuti dengan pembukaan bimbel-bimbel gratis untuk anak-anak di daerah yang membutuhkan, dengan standardisasi kehumasan yang terpusat, sehingga secara branding tetap ada dalam satu nama RISE.

nah...ada yg ingin bergabung?
ayo bareng berbuat sesuatu untuk masa depan generasi kita.... =)

2 komentar:

wahyu mengatakan...

blognya kok dah jarang di update lagi mba'? ana sering berkunjung lhooo. sibuk ya? ana tunggu kunjungan baliknya ya.....

husnul khatimah umar kutty mengatakan...

iya nih......up date berkala..kala - kala update kala2 enggak...he..he..he..