Pages

Kamis, April 02, 2009

iklan parpol di tipi

Kalo liat iklan parpol untuk pemilu sekarang ni geleng-geleng kepala gw nih..
ada yang karena kagum..sampe kepala gw bilang "wah..kreatif nih..keren..keren..."
ada juga yang karena menyesalkan sampe kepala gw bilang "duh..sayangnya uang buat bikin iklan sama untuk penayangan iklan...berapa juta tu sia-sia..."

bukan cuman karena kali ini banyak partai yang menggunakan tipi sebagai media iklannya tapi juga iklannya yg kreatif-kreatif..

kalo ada yang nanya sama gw :
"udah berapa iklan politik yang lu liat di tipi?
jawaban gw pasti :
" banyak.." =)

tapi kalo ada yang nanya :
"dari yg banyak itu sebutin 3 yang paling nyantol di kepala lu?"
gw bakal jawab :
" Gerindra (dengan menirukan nada bicara "Gerindra" kayak suara cewe' yg di iklannya), trus..Paaaartai Keren Sekali...Pasti Koruptor Sebel...PKS, satu lagi..lan sembilan sembilannya PAN"


kenapa 3 iklan itu yg paling nyantol di kepala gw dari sekian banyak iklan?

Pertama Gerindra (lagi...)
menurut gw, iklan yg paling bagus adalah Gerindra..
1. dari segi waktu
durasinya panjang, diputarnya udah sejak lama dan berulang-ulang untuk tema yg sama sehingga punya peluang besar nemplok di alam bawah sadar gw, udah gitu diputarnya kebanyakan di jam-jam yang pas.

2. dari segi isi
diawali dengan realitas yang menyentuh dan dekat dengan masyarakat yg disampaikan cukup detail untuk ukuran "wacana" dan diakhiri dengan himbauan yang berkaitan dengan realitas yg disampaikan, trus yg paling baru ni..diawali dengan perbandingan angka2 yg konkrit (tp gw ngga tau emang angkanya bener segitu atau itu data kasar aja..) dan diakhiri dengan janji yang berkaitan juga...
jadi materi iklannya terkesan konkrit..

trus juga isinya tidak menyinggung dengan jelas partai-partai lain tapi tegas mengkritik pemerintahan yang sekarang dan memberikan alternatif solusi (ini yg penting), menurut gw ini lebih beretika daripada nyindir-nyindir tanpa ngasih alternatif solusi yg lebih baik dari yg disindir.

materi iklan tipi Gerindra juga bikin gw mikir...
"segitukah nasib kebanyakan rakyat Indonesia sekarang dan yg akan datang?", apalagi yg edisi yg nampilin angka-angka tu...bikin banyak komentar bermunculan di kepala gw dari "hah! masa sih "...sampe cuman "hmmm.." doang..

3.dari segi tampilannya
yang paling nempel dikepala gw adalah cara penyebutan kata "Gerindra" yg diucapin suara cewe', tiap jeda satu sub topik yg dibahas diiklan itu, kedengarannya khas banget dan berulang-ulang..
bikin peluang emas nemplok di alam bawah sadar gw, gampang diingat dan gampang ditiruin
banyaknya logo-logo gerindra diiklan itu, bukan cuman banyak tapi mudah ditangkap mata...dari ilmu sok tau gw, mungkin karena warnanya dan lambangnya yg mencolok sama shoot kamera yg fokus bgt..
satu lagi tampilannya juga membuat gw merasa partai ini punya bau "wibawa" (entahlah..gw sulit menggunakan kata-kata yg pas..tapi kira-kira gitu yg gw rasakan)

termasuk tokoh2 yg ikut di iklan ini, terutama iklan sayap gerindra yg untuk pemuda tu, meskipun gw ngga tau dengan jelas siapakah para pemuda-pemudi itu kecuali sedikit dr mereka (karena gw sama sekali ngga gaul)..tapi yg gw liat dr ilmu sok tau gw, tu orang2 pastilah orang2 yg cerdas dibidangnya masing-masing..bikin imej Gerindra jadi naik dimata gw, seakan ingin berkata ni partai-nya anak muda cerdas dan gaul.. =)


gw salut banget sama otak yg punya ide bikin iklan ini, dari pilihan bahasa yang digunakan, intonasi kata-kata, gambar-gambar yg dijadiin objek, pilihan orang2 yg termasuk didalamnya bikin iklan ini jadi sangat menarik di mata gw..
dan yang lebih penting, tujuan akhir iklan ini yaitu bikin orang jadi kepikiran milih Gerindra sedikit banyak akan tercapai...

yang gw tanyakan cuman satu...pas adegan garuda terbang..tetep noleh kekanan juga ngga ya?..kalo iya..
ntar susah kalo ngga hati2 bisa nabrak....
he..he...he.. becanda... =P


kedua PKS
tahun ini, menurut gw, PKS lebih kreatif dan lebih keren dari tahun sebelumnya juga dari beberapa iklan partai yg banyak itu...

1. dari segi waktu
meskipun ngga diputer se-lama punya gerindra, tapi cukuplah sering daripada partai yg lain terutama karena tampilnya pada jam-jam yang strategis. durasi-nya pun cukup bervariasi, ada yg lama ada juga yg versi singkatnya..

2. dari segi isi
beberapa iklan pks cukup mengambarkan pencitraan partai sendiri (beberapa keberhasilan PKS, harapan PKS kedepan) dan orang-orang didalamnya/yg diharapkan didalamnya (baik itu kader ataupun simpatisan).
materi iklan yang disampaikan beberapa cukup mengena, meskipun ada satu iklan PKS yg sama sekali gw ngga suka...

salah satu materi yang ditonjolin juga menarik dan merupakan isu penting saat ini yaitu "anti korupsi" ini juga jadi nilai plus untuk iklan-iklan PKS yg gw maksud.

3. dari segi tampilan
iklan PKS yang paling gw suka, yang nampilin berbagai macam variasi kepanjangan PKS sama yg versi ada lagunya tuh..
ini cukup kreatif dan memacu pencitraan positif untuk PKS serta mudah diinget karena unik..

trus dari segi orang-orang yg ditampilin juga cukup bervariasi, menggambarkan bahwa PKS itu emang Partai Kita Semua, walaupun menurut gw dari segi tampilannya iklan ini akan sangat dengan mudah menarik untuk orang-orang muda (17-40 Thn), soale gambarnya berwarna yg cukup mudah ditangkep mata, ngga kuno/tradisonal, kesannya gaul, moderen gitu tapi kurang menarik untuk orang2 berumur atau orang-orang yg masih tradisional.

satu lagi yg gw suka, slogannya, "pilih PKS untuk DPR lebih bersih"
atau yang "Bersih, Peduli, Profesional"
slogannya mudah diinget, singkat, jelas, padat, dan bermakna.
dan menurut gw slogan ini akan kuat sekali apabila 5 tahun belakangan ini PKS benar-benar membuktikannya..

maka, sama dengan Gerindra, iklan2 PKS menurut gw juga akan menstimulus orang buat kepikiran nyontreng PKS..

gw salut juga sama otak ide yg bikin rangkaian iklan PKS ni...kreatif--kreatif banget..


ketiga...PAN
iklan versi yang ada dangdutnya nih...paling nemplok dikepala gw ketimbang iklan PAN ataupun iklan politik Ketua Umumnya..
Soale iklannya lebih menarik dari yang lain, bukan cuman karena gw suka lagu dangdut (dangdut melayu/orkes melayu jaman dulu tapi, kayak om rhoma irama, rita sugiarto, pancaran sinar petromak, dan semacamnya....kalo dangdut sekarang gw ngga suka sebagian besar menurut gw ngga bagus, dipaksain, mending lagu tanah air kakek gw (india) sekalian...loo..kok jadi ngebahas dangdut...)

balik lagi ke iklan PAN,
seperti yang gw bilang diatas iklan PAN versi dangdut ini, mudah banget diinget (gw aja langsung hapal sebagian liriknya dan langsung tertarik pada penglihatan pertama gw),
trus dari segi tampilan, iklan PAN versi dangdut ini menggambarkan orang-orang PAN yang pluralis, berwarna gitu alias macem-macem dan yang paling penting kesannya jadi merakyat..

sayangnya materi iklan PAN yang versi dangdut cuma banyak menampilkan janji-janji...
hanya menarik dilihat, mudah diinget..tapi menurut gw ngga membuat kebanyakan orang yang nonton iklan ini (termasuk gw) untuk nyontreng PAN...


nah...iklan di tipi emang jadi salah satu media penting bagi sebuah parpol meskipun bukan satu-satunya...
tapi untuk membuat iklan parpol yang bagus, keren, efisien dan tepat sasaran bukan hal yang gampang menurut gw...
sayang sekali jika uang yang digunakan untuk bikin iklan dan menayangkan iklan itu sia-sia..karena output dan input-nya ngga sesuai seperti yang diharapkan parpol tersebut...

untuk semua parpol yang berlaga di pemilu besok...
tetap semangat ya....!
keep figth until the end..!...

Tidak ada komentar: