Pages

Sabtu, November 10, 2012

Isi kepala tulang rusuk #1


bismillahirrahmanirrahim....
Bagian #1


"Kamu maju bukan dengan memperbaiki apa yang sudah terjadi melainkan menggapai ke arah apa yang terjadi. " 
- kahlil gibran-


Ketika membaca komen di pesbuk salah satu sahabat saya, saya teringat sebuah rasa yang sempat berkali-kali saya rasakan bahkan pada perkembangannya sengaja saya suburkan.

Rasanya beda dari rasa cinta pertama yg dulu banget pernah saya rasain. Kalau dulu itu, saya tau banget dan sempat interaksi dekat bertahun-tahun sebagai kawan, jadi sangat mungkin kalau saya jatuh cinta (kata orang jawa : tresno jalaran soko kulino).

Rasanya juga beda dari rasa cinta yang saya rasain ke Umar bin khattab, salah satu Umar kesayangan saya. Soalnya, kalau abu hafsah ini, saya udah tau namanya, karakter/sifat beliau dan juga tau sebagian sejarah hidupnya dari yg saya dengar dan saya baca.

Nah! Kalau yang ini yg aneh. Awalnya saya juga ngga paham kenapa itu rasa tiba-tiba datang menelusup perlahan tapi pasti dalam relung-relung hati saya. Saya tiba-tiba jatuh cinta pada seseorang yang saya bahkan belum tau siapa orangnya. Saya bilang belum tahu, karena benar-benar belum tau. Jangankan sifat, ciri-ciri khas atau bahkan wajahnya, namanya aja saya sama sekali belum tahu. Tidak ada gambaran apapapun yang bisa saya jadikan petunjuk siapakah gerangan orang misterius yg “siluetnya” suka jalan-jalan atau nongkrong manis dihati saya.

Hanya satu yang saya tau : namanya (yg saya juga sama sekali gak tau) telah tercatat di Lauhul Mahfudz sebagai pasangan saya entah didunia, diakhirat atau dikedua tempat tersebut.

Sempat saya bingung sama hati saya sendiri. Sudah gila kah saya? atau ini wujud dari rasa “frustasi” saya, karena diusia saya yang hampir 27 tahun ini beliau belum datang menjemput saya?
Tapi kemudian saya berpikir ulang, gila ? enggak ah saya masih baik-baik saja, cuek memang tapi tidak anti sosial dan saya pun seumur hidup belum pernah mengalami depresi.

Frustasi ? alhamdulillah beberapa kali “gagal” taaruf tidak pernah menghalangi optimisme saya untuk bertemu dengan beliau. Saya hampir selalu punya alasan untuk berharap yang terbaik pada Allah tentang semua hal, tidak terkecuali soal ini, apalagi Allah sudah janji. J

Lalu apa yang membuat saya bisa jatuh cinta padahal saya belum pernah tau (mendengar atau melihat), bertemu bahkan berinteraksi dengan beliau ? 

Ketika saya sampaikan hal ini pada sahabat-sahabat saya dan sekaligus nanyain kira-kira apa sebabnya? atau apakah mereka pernah mengalami hal ini? Mereka punya satu suara berbeda kalimat : 
“Unul, kamu kebanyakan menghayal...” atau 
“Nul, kembali-lah ke bumi, jangan melangit terus...” 
atau yang paling banyak : 
“ Nul, kamu aneh”  
(meskipun testimoni “aneh” sudah sering saya denger dari orang-orang yg kenal dekat dengan saya)

Rasa ini pun coba saya jaga hingga saya bertemu dengannya. Saya menyebutnya dengan berbagai macam nama, tetapi paling sering saya memanggil beliau dengan sebutan tata. Kenapa Tata? Karena saya adalah ncin-nya. :P

Tapi semakin dipikirin itu si rasa, semakin panjang angan-angan saya dan terasa semakin galau..
Gak enak banget...
Muncul banyak banget pertanyaan lain yg mengiringinya, seperti : kapan ya beliau datang menjemput ? sekarang dimana ya ? kenapa gak dateng-dateng ?

Semua pertanyaan itu sulit nyari jawabannya, sampai beliau beneran datang menjemput saya, dan masalahnya adalah saya gak tau kapan datangnya..kan terserah Allah...soalnya Allah yg paling tau waktu tepat dan terbaiknya untuk bertemu dengan beliau. Meskipun si tulang rusuk yang satu ini udah hampir gak sabar bertemu dengan tempat asalnya...hehehehe :P

Ketika saya lagi "serius" memikirkan tentang si rasa yg aneh bin ajaib ini, saya teringat pada sebuah buku bagus yg saya beli tgl 9 mei 2006 ...
Judulnya " Catatan Wanita Lajang", buku ini istimewa dimata saya, karena ditulis oleh 5 orang perempuan istimewa pula...
saya bilang istimewa karena 5 perempuan itu berusia 30-an dan semuanya masih menanti jodoh terbaiknya. 
Dalam buku tersebut ada satu catatan tentang "ajakan" untuk mendoakan calon pasangan kita... ?

Dan gabungan rasa cinta ajaib yg saya rasa, ditambah rasa galau menanti dan artikel dalam buku itu membuat  isi kepala saya memikirkan sebuah ide. 
ide yang saya harap bisa menjadi obat galau, kawan menanti, dan salah satu warisan sejarah yg bisa saya wariskan pada anak cucu saya nantinya.

apa itu ?
kita lihat nanti di -catatan tulang rusuk #2-

*ditulis 3 februari 2011



Tidak ada komentar: