Pages

Jumat, Februari 22, 2008

"sekolah berita" di sctv

Bismillah....


Beberapa waktu yg lalu, saya jadi merasa ada yg ”baru dan seger” dari masing2 program berita yg ada di beberapa stasiun televisi swasta...(maklum udah lama ngga nonton berita..)

Mulai dari set layout (beground atau apalah namanya..) , beberapa presenter, layout opening dan closing (itu lo..yg ada tulisan nama kru dll…), sampe ke musik-nya...

awalnya yg saya liat adalah program berita di ”la tivi” (atau ”tvone”, sekarang) yg membuat saya jadi merhatiin program berita di stasiun swasta lainnya...

seingat saya ”lativi” punya beberapa program berita (diluar infotainment) yang ”agak kuno” dan ”ngebosenin” tampilan dan penyajiannya...

beda banget sama program berita paporit saya ”liputan 6” (ups..! soir..jd ngebandingin...he..he..he..)


tapi ada yg lain dari program berita ”lativi” beberapa hari ini....

beground-nya ganti...”bahasa” yg digunakan beda..lebih akrab dan mengingatkan saya pada ”liputan 6”-nya sctv atau ”nuansa pagi”-nya rcti...

dan....presenter-nya juga ganti...ada seseorang yg ngga asing...

awalnya saya lupa..cuman mikir..kayak pernah liat..tapi bukan di ”lativi”...

ternyata eh ternyata...orang itu adalah mas alvieto denova (maap kalo salah tulis namanya.. ) yg dulu pernah di ”sctv”...pantesan..familiar wajahnya...

dan pas berita dah abis....kan ada tu..layout clossingnya...e..ada nama Pak Karni Ilyas juga disana....

Wah....ternyata ada orang2 baru di ”lativi”...khususnya di program berita...pantesan jadi tambah keren...


Gara-gara ini..saya jadi teringat program berita di beberapa stasiun swasta, khususnya ”rcti” dan ”antv”..

Saya amati, program berita di dua stasiun swasta ini , mengalami kemajuan yg cukup baik dalam inovasi program berita, baik dr segi layout, presenter, ”susunan berita”, tampilan opening dan clossing, ”bahasa” , sampe ke musik-nya...dan semuanya itu bikin program2 berita ini tambah keren dan ngga ngebosenin...

Dan menurut pengamatan saya... semua perubahan kearah positif itu terjadi ketika ada orang2 ”alumni” ”sctv”-nya di stasiun2 swasta itu (rcti,antv,dan lativi)...

Perhatiin deh...entar kita bakal nemuin orang2nya..

Setiap liat program2 berita di 3 stasiun swasta itu..saya selalu ingat sama ”liputan 6 –nya sctv”...

dan kalo boleh.....saya jadi menganggap ”liputan 6” sctv adalah sekolah yg ngelahirin ”alumni” produser, pimred,atau presenter berita handal..


Nah..sekarang nih..hawa2nya , program berita televisi bukan cuman jadi program pelengkap aja..tapi udah jadi program vital dari sebuah stasiun tipi..

Liat aja sekarang udah mulai banyak perubahan pada program2 berita...(meskipun dibeberapa stasiun ngga ada orang sctv-nya ..he..he..he.. )


Coba perhatiin ”reportase”-nya transtv yang berubah juga meskipun materi berita2nya kadang2 masih banyak yg diulang2, trus trans7 yg punya ”kupas tuntas” yang kritis (pembawa acara-nya keren tuh..saingan topik minggu ini-nya sctv nih..), ”fokus”-nya indosiar juga berubah meskipun presenternya selalu perempuan semua, ”nuansa pagi-buletin siang-seputar indonesia”-nya rcti yang makin keren aja ..(apalagi segmen ”hanya di indonesia”....asli.”nyentil” bgt dan bikin ”penasaran.....kira2 apa lagi yaa yg cuman ada di indonesia...”), trus ngga ketinggalan ”Topik”-nya antv....ditambah program wanted, mata rantai, dan telisik...jempol 2 nih..., tvri juga ngga mau kalah dengan laptop mungil presenter2nya..tapi tetep aja masih ada yg kurang...(soir pak....peace ya....), metro tv, tpi dan globaltv pun kayaknya juga ngga mau kalah....

Dan ”maestro” alias ”trend setter”-nya ..bagi saya tetep sctv dengan liputan 6, sigi dan topik minggu ini-nya...

Tapi kalo ngga punya inovasi lagi..bisa2 entar kalah ma yg lain...terutama sama ”rcti” yg kemaren ”ngambil” program berita terpaporit panasonic ’07 yg biasanya didapet sama ”liputan 6”...


btw..disisi lain jd tambah seneng.....akhirnya..skrg bisa makin asyik liat berita...ngga ngebosenin...seger (karena tampilan layout enak diliat, warna2 ngga bikin silau)...dan suasana-nya jadi makin akrab (terutama karena ”bahasa” yg digunakan jadi ngajak kita berasa terlibat dan kayak ngajak ngobrol semi2 resmi gitu..)...

gimana??? Setuju kan...


oia sekarang "lativi" berubah jadi "tvone"

Tidak ada komentar: