Pages

Senin, Mei 23, 2011

Mr. Anton-ku


Bismillah...

Rata-rata anak SMPN 1 Samarinda pasti kenal sama pak Guru yang satu ini, terutama yang pernah diajarin beliau (ya iya-lah nul..^^). Beliau adalah Guru Matematika saya waktu kelas III SMP.

Badannya tinggi besar macam SBY gitu, kulitnya gelap, suara (dan bahasanya) tegas dan keras , dan beliau juga salah satu Guru yang terkenal galak di SMP 1. Pak Anton nama panggilan beliau.

Sejak saya menginjakkan kaki di kelas III SMP ( III B/*Tabok ) dan bertemu dengan Pak Anton, saya sudah merasa takut dan merasa harus berhati-hati sama Pak Guru yang satu itu.

Sampai sekarang saya masih ingat pertama kali kami diajarin sama Pak Anton. Di hari pertama itu beliau menjelaskan peraturan-peraturan yang harus ditegakkan di kelas ketika pelajaran beliau berlangsung diantaranya tidak boleh terlambat masuk kelas lebih dari 15 menit, jika lewat dari 15 menit maka kami dipersilahkan untuk belajar di luar kelas. Nah, pernah waktu pertemuan ke dua, saya telat banget datang kesekolah, pas liat jam udah telat lebih dari 15 menit. Karena saya ingat kata-kata beliau jadi saya memutuskan untuk tidak masuk kelas. Dan saya pun belajar diluar kelas (tsaahh kesahnya rajin.. ehehehhee) , nyatat pelajaran sambil ngintip-ngintip papan tulis kelas. Pas lagi asyik nyatet sambil ngintip, beliau tiba-tiba keluar kelas (kali ngerasa kalo diintipin) , trus ngeliat saya kemudian duduk disebelah saya lalu bertanya : “Kamu kelas berapa nak?” ,

Saya dengan takut-takut ngejawab : “III B pak...”.

“ Loh kok ngga masuk ? “ Bapaknya tanya lagi.

Trus saya jawab “ Maap Pak, saya ingat kata Bapak kalau telat lebih dari 15 menit kita ga boleh masuk kelas, jadi saya belajar diluar aja Pak..” sambil memperlihatkan catatan saya ala kadarnya (susah je nyatet isi papan tulis sambil ngintip...).

Pak Anton terus diem sebentar dan Saya pun akhirnya disuruh masuk kelas. Pas saya masuk, teman-teman saya pada bingung, heran saya kok baru datang dan boleh masuk kelas. Padahal saya udah didepan kelas dari tadi. Ehehehehe :D

Selain soal gak boleh telat itu, kami juga dilarang untuk meminta bantuan pada otak jepang alias kalkulator untuk menghitung kecuali jika dibutuhkan dengan sangat, trus kami juga diwajibkan untuk mempunyai 3 Jenis buku tulis : Buku Catatan, Buku Tugas dan Buku PR dan tidak boleh dicampur dengan pelajaran lain. Pernah ada kawan yang menyampur buku tulisnya dengan pelajaran lain, Pak anton tersinggung dan buku kawan saya itu pun harus terima nasibnya dilempar begitu aja (beruntung tak beliau sobek).

Ada satu lagi yang paling unik dari beliau, yaitu sistem penilaian pake jumlah tandatangan beliau.

Jadi nih setiap beliau ngajar, hampir selalu ada 4 agenda :

  1. Beliau akan menjelaskan konsep materinya (dari asal rumus sampe inti materi)
  2. Kemudian Beliau akan memberi kami “pemanasan” soal untuk menguji apakah sebagian besar dari kami paham materi yang barusan diajarin atau tidak.
  3. Lalu beliau akan memberi kami tugas yang harus kami selesaikan hari itu juga.
  4. Dan yang terakhir beliau akan memberikan kami PR untuk dikerjakan dirumah.

Nah, dari 4 agenda itu, agenda ketiga yang paling seru. Karena disitulah sistem tandatangan itu bekerja.

Jadi pada setiap paket tugas yang betul beliau akan memberikan 1 buah tandatangan dan tandatangan ini akan dihitung pada akhir Catur Wulan. Semakin banyak kita koleksi tandatangan beliau maka semakin tinggi pula nilai kita. Trus waktu pengerjaan tugas dibatasi, sehingga bikin situasi jadi tambah seru dan menegangkan. Saking ketatnya waktu sampai-sampai kalau pun mau nyontek gak kan sempat karena masing-masing murid udah sibuk ngerjain itu tugas dan pengen cepet-cepet ngumpulin jawabannya sebelum Pak Anton bilang :”STOP” atau “Yak! Cukup !”.

Yang paling enak yang duduk didepan, lebih deket jadi cepet sampe ke meja guru. Yang paling kasian kalo udah cepet-cepet ngerjain dan cepet ngumpul tapi jawabannya salah, soalnya susah punya kesempatan buat ngumpul lagi kecuali Bapaknya buka “lowongan” lagi.

Saya pernah beberapa kali udah buruan mau ngumpul, pake acara lari segala (soalnya saya waktu itu duduknya dipojokan paling belakang) tapi pas sampe didepan meja guru Pak anton keburu bilang “Yaaaak ! Cukuuup !”. Aiishhhh ngga bisa ngumpul saya, dan nunggu Pak Anton buka “lowongan” lagi. Sedihnyaa..

Awalnya saya tersiksa dengan metode beliau itu, soalnya kita tu harus ngerjain semua soal dengan cepat dan benar, gak boleh bikin salah satu nomer pun. Tapi lama-lama jadi sangat mengasyikan, hal ini juga yg bikin kita mau ngga mau harus serius pas beliau lagi nerangin konsepnya dan kalau masih ngga ngerti harus berani nanya , soalnya kita tau pasti bakal ada perburuan tandatangan nantinya yang akan mempengaruhi nilai kita.

Selain metode ngajar beliau yg unik itu, ada satu hal lagi yang membuat saya salut abis dengan beliau. Meskipun beliau terkesan angkuh dan galak, tapi beliau tipe Guru yang menerima kritik dan mau belajar dari siapapun bahkan dari muridnya sekalipun.

Suatu hari, ketika jam istirahat saya iseng nengok ke kelas sebelah (III A / *Geganta) dan menemukan Pak Anton sedang belajar sebuah rumus dengan salah satu penghuni III A yang notabene murid beliau, Reinard.

Awalnya saya kira, Reinard yang lagi belajar sama Pak Anton di Jam Istirahat, ternyata saya salah besar, yang lagi belajar bukan Reinard tapi Pak Anton !

Jadi ceritanya, pas Pak Anton jelasin konsep asal sebuah rumus (saya lupa rumus apa, ntar kita tanya Reinard aja kali masih inget dia..), Pak Anton ngejelasinnya panjaaaaang banget sampe hampir ngabisin luas papan tulis. Nah si Reinard ternyata punya konsep yang jauh lebih simple dari yang Pak Anton ajarin. Disitulah Pak Anton belajar sama Reinard, darimana Reinard dapat itu konsep rumus.

Keren kan ? :D

Saya pikir awalnya beliau itu orangnya angkuh, arogan dan galak. Ternyata beliau adalah orang yang terbuka dan haus ilmu sampai tak ada rasa malu atau gengsi belajar sama orang yang jauh lebih muda dari beliau. Setelah liat kejadian itu lunturlah semua presepsi negatif saya tentang beliau, yang tertinggal hanya kekaguman hingga saat ini.

Bagi saya, beliau bukan "hanya" salah satu Guru Matematika saya tapi juga salah satu Guru Ajaib untuk saya di Universitas Kehidupan ini.


didepan kazekage gaara

jam 5 kurang 3 menit waktu kazekage gaara

#yg lagi kangen banget sama guru2 unik disekolah

Keterangan :

* Tabok = TigA B OKe (Nama Kelas III B angkatan '99)

*Gegenta = GEnerasi GENius Tiga A (Nama Kelas III A angkatan '99)

Tidak ada komentar: