Pages

Rabu, November 14, 2012

3 Umar di Hatiku #track 1


Bismillah…


Tahun lalu, dalam sebuah acara, salah seorang kawan saya bertanya “ kenapa mb unul suka Umar?”
Saya jawab “ Umar yang mana ini? “ eheheee..
Soalnya Umar yang saya cintai ada tiga orang. :D

Awalnya saya pikir, apakah mencintai perlu alasan?
Ngga bisa kah kita cinta aja gitu..
Bisa aja sih, tapi menurut saya itu bukan cinta tapi hanya percikan cinta…
Karena ibarat api, tak ada api yg memercik dan membesar tiba-tiba, dengan sengaja atau tidak.
Karena dalam perjalanannya, mencintai butuh alasan meski “hanya” sekedar “saya cinta karena dia sodara saya”, atau “saya cinta karena dia ayah saya” dan seterusnya.


Sebagai orang Buton 100%, nama asli abah saya adalah La Juki. Abah saya anak ke 4 dari 7 bersaudara.  Nah, ketika abah merantau ke samarinda, nama beliau diganti menjadi Marzuki, dan dipanggil Umar hingga sekarang.
Abah saya orangnya pendek, kecil, berkumis, dan putih (tak semua orang buton berkulit hitam loh ^^).

Saya ngga ingat pasti, sejak kapan saya mulai menyadari kalau saya mencintai abah saya. Yang saya ingat, pertama kali saya memproklamirkan kecintaan saya dengan abah saya itu pas kelas 2 SMA. Waktu itu saya ikut Latihan Kepemimpinan OSIS Smunsa. Salah satu tugasnya adalah menulis tentang Idola.
Ketika saya mengerjakan tugas itu, satu-satunya orang yang muncul dalam kepala saya adalah abah saya. Maka waktu itu, semalaman saya menuliskan profil abah saya kurang lebih sebanyak 2 halaman folio bergaris.
Setelah menulis tugas itu, saya merasa cinta saya pada abah saya semakin bertambah setiap harinya, sampai-sampai dulu pernah beberapa kali saya ditanya : “ntar unul mo nikah sama orang yg seperti apa? “, dan waktu itu saya selalu mantap menjawab “ yang seperti abah aja… “  eheheheeee XD

Kemudian, pas kuliah saya juga sempat takut, begitu tau soal teori oedifus complex. Waahh jangan-jangan saya kena oedifus complex, mengingat rasa cinta saya yg besar dengan abah saya. Tapi setelah saya pikir-pikir, arah cinta saya ngga seperti itu, saya tidak cemburu sama mamah saya, saya mencintai beliau justru (salah satunya) karena beliau menikahi mamah saya dan beliau adalah lelaki pilihan yang Allah pilihkan untuk jadi abah saya. Darah beliau mengalir jua dalam tubuh saya (tsahhhh).

Dari 4 anak beliau, saya satu-satunya perempuan.
Mungkin hal ini juga yang membuat saya dekat dengan abah. Kedekatan saya dengan abah, dimulai dari SMP. Ketika itu, abah mengantar saya setiap hari kesekolah sampai saya kelas 2 SMA dan sekarang pun setiap pagi abah masih mengantar saya menuju tempat kerja saya.
Adek2 saya bilang : “ Untung aja Unun ni kuliah di malang, kalo kada, pasti dari SMP sampe begawi diantar abah tarus..” bwahahaaa…
Tapi justru itulah salah satu hal yg saya syukuri hingga hari ini. Yap…rutinitas pagi itu, yang menjadi awal kedekatan kami, sepanjang perjalanan kami saling bertukar pendapat, mulai dari ngobrol-ngobrol ringan, serius sampai saling curhat dan vespa/motor abah jadi saksi bisu keakraban abah-anak ini (caelaahh)  .

Sejak kecil saya suka banget kalo saya disama-samakan dengan abah, bahkan saya terkadang mencari-cari sendiri kemiripan saya dan abah. Yang paling mirip dari kami adalah “ginsul”, saya punya ginsul disebelah kiri sama seperti yang abah punya, awalnya saya ngga sadar punya ginsul yg sama dengan abah, itu nenek saya (mamahnya abah) yg kasih tau.
Dulu ada iklan ditipi, iklan apa ya lupa. Di iklan itu ada anak yg lagi nonton bola bareng ayahnya, trus si anak ini niru apapun yg ayahnya lakukan.
Nah, saya kecil, persis seperti itu, saya tiru abah saya, mulai dari cara berpakaian, nyelipin dompet & sisir kecil di saku celana belakang hingga cara berjalan. Karena itu juga, ketika SMP abah saya sempat khawatir dengan saya, abah saya takut saya kehilangan sisi keperempuanan saya gara-gara itu. Itu makanya abah jadi pendukung saya nomer wahid ketika saya memutuskan untuk berjilbab pas kelas 1 SMA. Beliau merasa, jilbab adalah “tiket” saya menuju dunia perempuan (bwahahahaaa).

Meskipun dekat, bukan berarti hubungan abah-anak ini baik-baik saja. Kami pernah bertengkar, abah sering marahin saya (abah saya pemarahan --“ ), saya juga pernah marah sama abah. Tapi yang saya sukai ketika kami bertengkar adalah siapapun yang merasa bersalah diantara kami pasti akan minta maaf duluan. Abah saya tidak gengsi minta maaf pada saya bila beliau merasa salah begitu juga saya.
Itulah abah saya, beliau itu keras tapi juga lembut disisi lain.

Abah saya tak pernah sekalipun sekolah formal. Satu-satunya sekolah yang pernah beliau ikuti hanya Universitas Kehidupan. Di kampus inilah beliau belajar membaca, menulis, berhitung dan mengaji.

Sejak kecil beliau telah mandiri. Usia belasan, beliau telah menjadi pesuruh dan tukang bersih-bersih kapal, menjelajah lautan dari buton ke papua, hingga balik ke buton lalu ke Kalimantan.
Abah saya sampai di Samarinda dalam keadaan membawa baju 2-3 pasang, sandal jepit tinggal sebelah (karena yg sebelah jatuh disungai mahakam), dan yang paling sedih beliau berada di samarinda dalam keadaan buta hurup dan tidak bisa berhitung.
Bisa dibayangkan, “mudah tertipu” adalah tantangan hidup terbesar abah saya di rantau. Tapi abah saya punya jiwa perantau sejati : Kegigihan.
Akibat buta hurup dan hitung ini, abah sering ditipu beberapa kali. Pengalaman buruk inilah yang membuat beliau gigih belajar membaca, menulis, dan berhitung pada beberapa orang teman beliau sampai mahir.

Di samarinda beliau berganti-ganti pekerjaan, beliau pernah jadi buruh kasar, jualan es, asongan, jual aer keliling, pembantu rumah tangga, sampe penjaga toko.
Karena tak ingin jadi orang gajian terus-terusan, akhirnya beliau mencoba berusaha sendiri. Siangnya beliau jadi penjaga toko dan ketika malam beliau berdagang kaki lima di THG (sekarang Citra Niaga). Hingga akhirnya sekarang alhamdulillah sudah punya toko sendiri.
Karena itulah saya suka sekali tangan beliau. Tangan beliau kukuh dan kasar. Tangan itulah yang dengan izin Allah menafkahi kami sekeluarga dengan rezeki halal, sejak hari pertama abah saya menikah dengan mamah saya hingga seterusnya.
Saya teringat salah satu riwayat :
Pada suatu hari Rasulullah SAW bersalaman dengan seorang sahabat : Saad bin Muadz, Rasulullah SAW melihat tangan sahabat itu sangat hitam karena bekerja, keras dibawah terik matahari. Rasulullah SAW bertanya kenapa tangan Saad hitam. Saad menjawab : “ Tangan saya seperti ini karena saya mencangkul di kebun kurma saya untuk menafkahi keluarga saya”. Mendengar ini Rasulullah SAW  mencium tangan Muadz sambil berkata : “ Inilah kedua tangan yang disukai Allah” :D

Abah saya termasuk orang yang hemat sekali, ini karena beliau sangat menghargai uang soale udah ngerasain susahnya nyari uang dan pernah ngalamin keadaan miskin semiskin-miskinnya. Hanya dalam 2 hal abah tidak begitu berhemat : Pendidikan dan Makanan. Untuk 2 hal itu, beliau akan mengusahakannya dengan sangat.

Saya merasa beruntung memiliki beliau sebagai abah saya, hingga skripsi S1 saya, saya buat khusus untuk beliau dan memakai nama beliau sebagai Judul Skripsi.
Saya mencintai beliau dengan segala kekurangan dan kelebihan beliau.

Beliaulah  Umar kecintaan saya yang pertama,
Lelaki yang membuat saya bangga
sebab darahnya mengalir jua ditubuh saya.
Umar, my beloved abah,
abah juara satu diseluruh dunia.   ^^b
* a big big big hug for my beloved abah…


didepan nagamochi,
5 Februari 2011,
jam 00.11 pagi waktu jam kamarku.

Tidak ada komentar: