Pages

Sabtu, November 03, 2007

ada yang keren di lapas anak tangerang...

Dulu banget….(saya ngga inget kapan), saya pernah nonton film di tipi, tapi lupa judulnya apa, yg jelas salah satu pemainnya Brad Pitt.
Nah…ni film ceritanya tentang 4 orang anak yg bersahabat..trus suatu ketika karena ngga sengaja mereka ngebunuh orang sampe akhirnya mereka dipenjara.
Meskipun “cuman” penjara anak, tapi “dahsyat gila-nya”. Mulai dari hukuman fisik yg ngga pantes buat anak kecil, tugas-tugas yg ngejatohin harga diri-nya sampai –maap- sodomi yg dilakukan oleh sipir penjara. jadinya tu lapas bukannya bikin anak-anak itu menjadi lebih baik, tapi malah nggak..bahkan kayak sekolah penjahat yg ngelahirin penjahat2 baru.
Tapi itu sih cuman di film..ngga tau di kehidupan nyata apa bener begitu..atau malah tambah parah??? Wallahu’alam…

Nah hari selasa kemaren (tgl.19 feb 07) saya baca Koran Sindo, pas baca halaman 32..saya cukup surprise soalnya pada awalnya saya kira penjara/lapas anak semua bbt (beda2 tipizz) ma cerita film diatas…tapi ternyata hal itu ngga berlaku (semoga) di Lapas anak pria di tangerang yang punya anak didik (sebutan buat napi disana) sebanyak 237 orang anak.
Kebanyakan anak2 yg masuk lapas ini karena kasus narkoba. Didalam lapas itu, mereka mendapatkan pendidikan formal sesuai dengan tingkatan mereka dari SD, SMP hingga SMA (sistem untuk SMA >>> kejar paket A). Dan Kalau sudah lulus mereka juga akan mendapatkan ijazah yg setara dengan sekolah2 di luar Lapas.
Bukan cuman itu doank bro!…di Lapas “keren” itu ada eskul-nya juga loh. Ada Kolaps (komik anak Lapas) buat yg suka ngegambar ato bikin komik, band, nasyid, paduan suara, gitar, desain grafis, merakit komputer,dll. Bahkan kolaps sempet bikin pameran komik dan melelang komik hasil karya anak2 lapas beberapa kali loh…
Selain itu di lapas itu juga ada program yg namanya program LifeSkill untuk meningkatkan keterampilan mereka, misalnya nih >>> montir sepeda motor, sablon, berkebun dan beternak itik.
Oia, mereka juga dibekali dengan “ilmu psikososial” untuk membentuk kepribadian mereka sehingga mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan. Bentuk konkritnya seperti ikutan ekskul, bikin bulletin, merancang maket, sampe ikutan outbond. Keren kanJ
Nah, yg ngga kalah seru tuh, ada program Global Youth Connectoin. Program ini untuk melatih komunikasi mereka dengan sahabat2 sebaya diluar daerah bahkan diluar negeri lewat saling kirim2 surat.Selain itu disana juga ada bedah buku dan film lewat program rumah pintar.
Keren banget
kan…!
Dengan berbagai kegiatan tersebut diharapkan mereka akan menjadi anak-anak yg lebih baik setelah keluar lapas dan mampu beradaptasi lagi dengan lingkungan di luar lapas. Dan mereka pun bisa tersenyum menatap masa depan mereka.

Abis baca Koran itu, rasanya saya pengen banget ngeliat langsung ke lapas itu. Dan saya pengen tau “nasib” anak2 di lapas anak yg lain. Semoga aja..bukan di lapas anak pria tangerang aja yang begitu. Semoga Lapas-lapas anak yg lain pun punya program yg sama atau mungkin lebih baik dari lapas anak pria tangerang itu. Amin…
J

Buat anak2 lapas diseluruh dunia……>>> masa lalu udah berlalu bro…masa depan masih ghoib……masa sekarang adalah belajar dari masa lalu dan berbuat yg terbaik untuk masa depan…

tetap semangat… =)

oia..kata temen baru saya shally, judul film-nya SLEEPERS (thanks shally udah ngingetin gw)
kalo mo tau soal KOLAPS klik aja >>>
www.kolaps.multiply.com

Tidak ada komentar: