Pages

Sabtu, November 03, 2007

SEMANGAT!!!!!!!!!

Beberapa hari yg lalu kesukaan saya untuk nonton film “kumat” lagi...akhirnya saya minjem 3 film sekaligus..2 dr 3 film itu adalah film inceran saya yg pas saya temuin ketika saya mau minjem film. Yaitu “ the cure” dan “remember the titans”.
Ke-2 film itu dulu sudah pernah saya tonton.di tipi.
”the cure” sudah pernah saya tonton kalo ngga salah waktu saya sma, sedangkan “remember the titans” udah pernah saya tonton pas udah kuliah.
Ketika nonton “remember the titans” saya kayak nemuin semangat saya yg sempet keselip entah dimana…
Rasanya hamper sama seperti nemui harta karun yg terpendam lama…(duilee…)
Banyak hal yg bisa saya pelajari dari film..dan itu pula yg membuat saya ngga bosen dengan film itu dan jadi salah satu film paporit saya…
Saya belajar untuk terus bersemangat dalam hidup..saya belajar memotivasi orang dan diri sendiri…..saya belajar arti cinta ( cieeeee..), saya belajar arti persahabatan…saya belajar untuk tidak “read the book just from the cover” (bener ngga tu tulisan inggrisnya), saya belajar bagaimana memotivasi diri disaat2 sulit..saya belajar untuk selalu “think positif” (gitu ya tulisannya..), saya belajar memanage sebuah tim, saya belajar..…banyak deh…
Yup…bukannya melebih-lebihkan..tapi itulah yg saya rasakan dan pelajari dr film itu….

Film “remember the titans” diambil dr kisah nyata yg terjadi di Virginia pada tahun 1971-1981…sebenarnya film ini tentang peristiwa rasis yg sangat kental di amerika khususnya di Virginia…
pada tahun itu dewan sekolah di Virginia memutuskan untuk “menyatukan” remaja2 kulit hitam dan kulit putih dalam satu sekolah. Padahal hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya di kota yg terkenal “rasis” bgt itu..
Dan sekolah “campur” itu dinamakan “SMU T.C.Wiliams” dan disitulah “sejarah” bermula…..
Bagi orang2 virginia olahraga futbol. Bukan hanya sekedar olahraga tapi lebih dari itu..futboll adalah bagian dari hidup mereka…
Dan sama seperti SMU2 yg lain di T.C.Wiliams pun ada juga tim futboll yg cukup hebat bahkan grup terbaik kedua di Amerika Serikat..

Yang paling menarik adalah ketika mereka latihan di kamp ..waktu itu karena “hawa-hawa” rasis cukup kental..bis-nya waktu itu hanya ada dua..
jadi jelas, satu bis isinya kulit hitam semua dan bis yg satunya otomatis diisi oleh kulit putih semua..
kemudian pelatih mereka, herman boone…(denzel washington)..memasangkan mereka satu persatu dan di kamp nanti bakal tinggal sekamar..yup..kulit hitam&kulit putih..
biar menyatu dan ngga rasis lagi..
tapi merubah sesuatu yg mendarah daging ngga seperti membalikkan telapak..itu semua butuh proses......

nah..pas di kamp..ada dua orang yg sekamar lg berantem..gara2nya..yg kulit hitam..julius campble lagi masang poster yg agak2 “rasis“ trus temen sekamarnya tentu yg kulit putih, gerry bertier ngga nyaman dan kesal dengan adanya poster kecil tersebut..akhirnya mereka berantem dan itu "mengundang“ temen2-nya yg lain juga untuk berantem..

akhirnya mereka dikumpulin sang pelatih...dan mengalirlah kata2 ini dr sang pelatih...

“kalian punya amarah itu bagus....kalian perlu itu...kalian punya agresi.... itu lebih baik.kalian juga perlu itu.... tapi setiap anak kecil bisa lakukan perkelahian macam itu....futbool adalah cara mengendalikan amarah....kumpulkan amarah menjadi usaha tim mencapai kesempurnaan“

kata2 paman boone (kalo boleh saya sebut beliau seperti itu...) membuat saya mikir bahwa.... amarah dan agresi yg kita punya justru lebih banyak kita „gunakan“ untuk hal2 yg negatif...yg tercermin dalam perkelahian...memukul...berteriak2...dan kegiatan2 penyaluran marah..agresi..lainnya...

padahal ternyata..eh ternyata..itu semua bisa kita salurkan ke hal yg lebih baik and positip..seperti yg dibilang uncle boone tadi... kalo kita punya marah dan agresi itu “bagus“...dan we needed that..tp...itu aja ngga cukup, coz jika kita salah “menggunakannya“ maka kita bakal seperti campble dan bertier yg berantem td...maka salurkanlah itu ke hal2 positip yg lain...trus kita kumpulin kedua hal itu... dalam bahasanya uncle boone...>>> untuk “mencapai kesempurnaan“ ..yup...hmmm..“untuk mencapai kesempurnaan“ bisa kita anggap...“mencapai hidup yg lebih baik...“ ya nggak.. kalo kita marah pada seseorang...jadikan itu “cambuk untuk hidup lebih baik“...kalo kita marah pada orang dan ingin memukulnya....tahan sebentar....jadikan itu olahraga dengan mukul2 bantal misalnya...atau push up..atau lari2...dan masih banyak...cara yg lain....

trus...saya juga suka pas liat adegan ketika pak boone dan gerry bertier (sang kapten) menyemangati tim-nya.....dan itu cukup meng-inspirasi saya untuk memotivasi diri saya setiap pagi...dengan berkata didepan cermin....

“ aku mau nanya nul.. ( ya..) kekuatan apa yg kamu punya...(kekuatan jiwa..)...apa yg kau punya ?! ( kekuatan jiwa>> dengan intonasi yg lebih kuat dan teges)...aku mau nanya lagi nul..(ya..) sekuat apa kau hari ini..? (o..o..hari ini saya terlalu kuat....*sambil senyum2*) oya…sekuat apa kau hari ini...(maap tp saya benar2 terlalu kuat....*masih senyum2*) kalo gitu kau siap untuk hari ini...?

(oya..tentu aja dunk...bismillah..insyaAlloh...)

dan ditambah beberapa hal yg ngga bisa saya tuliskan disini..abiss susah sih menerjemahkannya dalam tulisan...

dan untuk saat ini..itu berhasilll..

di film itu saya juga belajar bagaimana memanage sebuah tim..bahwa..sikap kita menentukan seperti apa kepemimpinan kita..bahwa..kadang ke“diktatoran“ itu juga penting, bersikap keras itu juga penting, tapi bukan sembarang diktator dan bukan sembarang keras..., film itu juga mengajarkan bahwa dalam hidup...kita tentu harus punya tahapan2 akan menjadi apa kita kelak..ya....tahapan2 dalam hidup...dan tentu sesuai dengan kemampuan kita..

tapi yg kita kira batas “kemampuan“ kita, ternyata bisa jadi bukan batas “kemampuan“ kita..bisa jadi yg kita kira batas itu hanya batas dalam bayangan kita..dan karena batas itu ternyata masih jauh didepan kita...jadi tak ada salahnya jika berusaha untuk lebih dari biasanya..dan setelah itu kita bisa tahu..sampai diamana batas kita yg sebenarnya...seperti louie lastik....

juga ketika harapan dan cita2 kita ngga bisa tercapai karena keadaan..jangan pernah merasa dunia seakan runtuh dan kita ngga punya apa2 lagi...sedih?? boleh..kecewa?? juga boleh...tp jangan lama2..karena masih ada cita2 dan harapan baru yg lebih baik yg lagi nunggu kita didepan sana...show must go on bro...let make it good...karena kita ngga akan kehabisan harapan dan cita2...seperti bertier yg ngga menyerah meski ngga bisa main football lagi...

duh..sebenarnya masih banyak lagi yg pengen saya tuliskan disini...tp ini aja udah kepanjangan....

jadi kalo pengen tahu lebih banyak...nonton langsung aja film-nya..jangan hanya dengan mata...tapi juga dengan hati dan pikiran kita... ok gays.. :-)

hu..ha..i feel..hu..ha...feel good..
every were we go..every were we go...
people wanna know..people wanna know...
who we are....who we are...
so we tell them...so we tell them..
we are the titans..we are the titans..
very2 titans...very2 titans...
hu..ha..oyeah..hu..ha..oyeah...

Tidak ada komentar: