Pages

Sabtu, November 03, 2007

woi ikhwan pada kemana ?????

beberapa minggu ini saya mikirin tentang ikhwan... (wa.....???)
eit, jangan negatip tingking dulu dunk!...bukannya mikirin ikhwan yg gimana2, saya "cuman" miris mikirin kaderisasi ikhwan...
awalnya sih saya cuek..maksudnya..ya biarin aja ikhwan dengan urusannya..toh udah ada yg ngurus, mendingan mikirin gimana akhwat..
cuman pas lama2 saya jd ikut mikirin juga, soalnya sekarang di tim saya bakal kehilangan 2 ikhwan yg kontribusi-nya sebenarnya sangat saya harapkan untuk kedepannya. otomatis di tim saya hanya ada 4 akhwat, dan tinggal 1 ikhwan.
alhamdulillah ada ketum yg insyaAlloh cukup perhatian juga dengan kerjaan tim ini.


cuman saya mirissss buanget ketika mikirin siapa nanti yg akan menggantikan saya di tim ini, soalnya tim yg kebetulan saya "manajeri" ini sering sekali berhubungan dengan banyak ikhwan, dan saya tentu ga mau jika kedepan tim ini dipimpin oleh seorang akhwat lagi.
cukup saya aja yg jadi "kecelakaan sejarah". afwan..bukannya mengecilkan peran dan potensi akhwat. bukan, bukan itu..
cuman akan lebih baik jika ikhwan..
kenapa?? soalnya tim ini akan berhubungan dengan banyak ikhwan, kecuali jarmus tentu saja.kalo akhwat kan ada hal2 tertentu yg menbatasinya.


sekarang masalahnya ternyata eh ternyata bukan cuman cuman tim saya aja yg kekurangn kader ikhwan, beberapa pos dan wajihah lain juga ternyata kekurangan ikhwan...
nah sebenarnya ikhwan pada kemana to...

dulu waktu semester 2 ato 3 saya pernah baca artikel tentang masalah ini, cuman karena waktu dulu itu ga begitu nyambung jd ya kepala saya cuman meng- iya- kan aja..
soalnya emang kenyataan-nya begitu kan.???
jumlah ikhwan sedikit..udah sedikit dibagi2 lagi untuk ngisi pos2 di wajihah2 kampus atau ekstra kampus.


trus ada yg bilang >> loh jumlah laki2 itu lebih sedikit dari jumlah perempuan, wajar kalo jumlah ikhwan itu lebih dikit dari akhwat, dalam artian gini jumlah akhwat banyak karena jumlah perempuan banyak dan jumlah ikhwan dikit karena jumlah laki2 dikit.

kalo mikirnya gitu sih..ga akan menyelesaikan masalah....habis perkara..
tapi saya rasa "alasan" itu ga semuanya benar (ah..itu cuman perasaanmu aja nul... :) )
soalnya kalo kita balik ke kampus, di fakultas ekonomi kan yg mahasiswi-nya lebih banyak tu dr mahasiswa , kalo kita mo pake "logika" diatas seharusnya jumlah akhwat di fakultas itu lebih banyak dr jumlah ikhwan..ya kan...dan dikampus saya itu benar....>> jumlah akhwat lebih banyak dr ikhwan...
nah kalo gitu di fakultas teknik harusnya juga demikian kan...
karena jumlah mahasiswa fakultas teknik lebih banyak dr pada mahasiswi-nya maka seharusnya jumlah ikhwan lebih banyak dr akhwat kan....??
ternyata eh ternyata di kampus saya hal itu ga terbukti, jumlah akhwat yg aktip jauh lebih banyak dr jumlah ikhwan...nah lo...


oia yg saya maksud bukan hanya sekedar ikhwan ato akhwat lo...
tapi ikhwan aktip dan akhwat aktip itu maksud saya.

nah..ternyata eh ternyata "logika" diatas bukan satu2nya sebab kenapa jumlah ikhwan jauh lebih dikit dr jumlah akhwat...
masih banyakkkk sebab yg lain..

beberapa bulan yg lalu saya juga pernah denger taujih seorang ustadz tentang masalah itu kira2 gini >>> beliau pernah diskusi dengan istri beliau tentang masalah ini dan salah satu kesimpulannya adalah hal diatas itu terjadi karena pola dakwah ikhwan yg "kaku", salah satu contoh >>ikhwan kan agak sulit mengungkapkan rasa sayang kepada saudaranya atau sesamanya ( tentu ga semua ikhwan demikian)
sedangkan akhwat pola dakwah yg digunakan lebih humanis, misalnya akhwat lebih mudah untuk mengungkapkan rasa sayang pada sesamanya ( tentu ga semua akhwat jg bisa begitu ) dan ternyata satu aspek ini aja pengaruhnya cukup banyak lo...


hal diatas yg saya tau terjadi di kampus saya, saya ga begitu tau di kampus2 lain gimana??
apa enggak ada kasus kaya' gitu, atau biasa2 aja, atau sama dengan kampus saya, atau bahkan lebih parah...
ngga semuanya saya tau..
dan saya juga ga bilang kalo di kaderisasi akhwat beres ga ada masalah, tentu ada masalah..
hanya saja karena kekurangan ikhwan untuk ngisi pos2 wajihah lebih kerasa buanget drpd kurangnya akhwat jadi ya.......

yang saya tau dibeberapa kampus ada beberapa akhwat yg jadi kadept humas, kadept kaderisasi, kadept syiar, bukan cuaman itu ada juga yg jadi singel fighter ( bener ga tu tulisan inggrisnya) bahkan ada yg jadi KETUA LDK dan KETUA komsat lo...
antum bisa bayangkan gimana dampak psikologis (terutama) yg mesti dihadapi akhwat2 diatas juga dampak psikologis para ikhwan yg "dipimpin" mereka...

jadi gimana nih para ikhwan.....????

hmmm gimana kalo ada forum diskusi khusus kaderisasi ikhwan >> dari ikhwan oleh ikhwan dan untuk ikhwan....
atau ikhwan punya solusi lain..karena ngga ada yg bisa ngertiin ikhwan kecuali ikhwan sendiri kan.... :)
kalo ust.hasan al-banna, ust.rahmat abdullah dll bisa sukses mengkader begitu banyak ikhwan hebat..kenapa kita ga bisa...jadi bersemangat ya..!!!

Tidak ada komentar: