Pages

Sabtu, November 03, 2007

sherk bilang...

“orang menilaiku, sebelum mereka mengenalku..”

kata2 diatas itu saya ambil dari secuplik dialog-nya shrek ke sahabatnya, seekor keledai yg lucu.. (saya lupa nama-nya J ) di pilim “SHREK“ yg pertama ..waktu itu pas adegan shrek lagi sedih..karena orang-orang begitu takut dengannya karena ia seorang “ogre“ bentuk tubuhnya yg mirip raksasa dan mahluk aneh..(kayak alien sih..kalo saya bilang)
padahal mereka belum kenal sama shrek tapi udah menyimpulkan seperti itu.

Pas denger shrek ngomong gitu saya agak mikir2 juga...soalnya..sering saya menilai orang sekilas jebret..ya baru liat,baru ngobrol,baru kenalan, aja udah “bisa nyimpulin“ ni orang kayaknya gini deh..atau gitu deh..atau bla..bla...bla...(berasa orang psikologi bgt) padahal saya belum tau pasti..bener ngga yg saya “sangka“ itu... karena kan baru kenal...

Astaghfirullah.......mudah banget hati ini “menilai orang lain“ bahkan kadang dari tampilan luarnya aja...jadi inget cerpen-nya mba helvy di buku “ketika mas gagah pergi“ yg judulnya “lelaki berhati cahaya“ (kalo saya ngga salah) ceritanya tentang seorang lelaki bernama amir yg wajahnya kurang baik tapi sungguh ia punya hati cahaya...hati yang ngga semua orang punya...

shrek..walau cuman tokoh kartun, ataupun amir yg hatinya selalu bercahaya..seperti mengajarkan kita...bahwa...siapa kita? Sehingga “mampu“ menilai orang lain tanpa kita mengenalnya terlebih dahulu...bisa jadi kita tertipu karena penampilannya yg begitu meyakinkan..eh ngga tau-nya “serigala berbulu domba“ atau sebaliknya...yg kita kira “kodok jelek“ eh..ngga taunya “pangeran tampan atau putri cantik“

bukan cuman menilai orang...kadang kita juga “keliru” menilai buku, film, organisasi, jamaah, dllll….
Pas ditanya “nonton apa?“ “nonton pilim life is beautiful…” kita langsung buru2 bilang..”lo itu kan pilim yahudi...“
Atau..“lagi baca apa?“ “lagi baca buku catatan hariannya anne frank..“ “lo..itu kan orang yahudi“ dan sebagainya...

padahal kita belum "mengenal"nya lebih jauh.....
astaghfirullah....

jadi..yuk mulai sekarang kita......>>> don’t read the book from the cover .......

*senyum nih..*

Tidak ada komentar: